Device Input dan Output pada Komputer (I/O Komputer)

Komputer tanpa perangkat input output(I/O) serasa tak dapat berguna banyak bagi kegunaannya. Hal ini karena I/O merupakan salah satu bagian penting dari komputer itu sendiri.
Apa itu perangkat Input dan Output pada komputer?
Perangkat Input merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses pada komputer, atau bisa dikatakan alat input yaitu alat yang digunakan untuk dapat berinteraksi dengan komputer. Sedangkan perangkat Output merupakan perangkat yang digunakan untuk dapat menghasilkan proses kerja pada komputer.
Apa saja perangkat-perangkat I/O?
   Ada banyak perangkat I/O yang dapat Kita temukan, di sini kita akan membahas beberapa perangkat I/O, diantaranya yaitu:

                1.    Input Device
a.    Mouse
Mouse merupakan alat input yang dapat digunakan untuk menggerakkan kursor pada komputer, dan juga dapat digunakan, mouse dapat diumpamakan sebagai tangan kita yang dapat mengambil, memilih maupun membuka.

b.    Keyboard
Keyboard merupakan alat input yang dapat digunakan dalam melakukan penginputan karakter (huruf atau angka), keyboard menjadi salah satu alat input yang berperan penting dalam sebuah perangkat komputer karena tanpa keyboard kita akan kesulitan dalam mengoperasikan komputer.

c.    Scanner
Scanner merupakan alat input yang dapat digunakan untuk melakukan inputan ke komputer dengan cara menduplikasi apa yang kita scan.

d.    Barcode Scanner
Sama halnya dengan Scanner di atas, scanner barcode ini juga akan menduplikasikan apa yang kita scan tetapi dalam bentuk yang berbeda, jika kita melakukan scan pada barcode maka yang akan kita lihat pada komputer berbeda dengan apa yang kita scan, hal ini karena barcode tersebut akan diterjemahkan menjadi kumpulan-kumpulan karakter yang akan mudah untuk kita baca.

                2.    Output Device
a.    Printer
Printer merupakan alat output yang akan menghasilkan cetakan pada kertas dimana hasil cetakan itu merupakan hasil dari apa yang ingin kita cetak. Baik itu berupa teks maupun gambar.

b.    Monitor
Monitor merupakan alat output komputer yang berfungsi untuk menampilkan proses kerja pada komputer, dengan monitor kita dapat melihat apa yang akan kita kerjakan.

c.    Speaker
Speaker merupakan alat output yang berfungsi untuk menghasilkan suara dari komputer tersebut. Tanpa speaker kita tidak akan bisa mendengar suara apa yang dikeluarkan oleh komputer kita.

       Itu tadi sedikit penjelasan tentang Device Input Output pada Komputer.

Comments

Popular Posts